Tips Perbaikan Komputer ini lebih ditujukan kepada para teknisi pemula
yang baru memulai karirnya dalam perbaikan komputer dan perangkat
komputer lainnya seperti printer dan lainnya. Dalam memperbaiki komputer
jangan asal vonis kesalahan tetapi harus dilakukan dengan prosedur yang
tepat sehingga jawaban yang diberikan kepada costumer juga tidak
bimbang dan ragu, hal ini menunjukkan bahwa kita adalah teknisi
profesional dalam mengerjakan pekerjaannya.
Ada beberapa tindakan yang harus dilakukan dalam melakukan tindakan
perbaikan komputer. Langkah-langkah perbaikan komputer ini saya
kelompokkan menjadi 3 bagian yang terdiri dari:
- Langkah Persiapan
- Langkah Perbaikan
- Langkah Penutup
Dari ketiga langkah di atas, semuanya harus dilakukan secara terurut
mulai dari langkah 1 kemudian dan langkah 2 dilanjutkan dengan langkah
3.
1. Langkah Persiapan.
Langkah persiapan perbaikan komputer ini adalah hal yang sangat penting.
Apabila pada langkah persiapan ini tidak dilakukan dengan baik maka
dapat menyebab ketidak beresan pada langkah berikutnya yaitu langkah
perbaikan, oleh karena itu dibutuhkan persiapan yang memadai untuk
perbaikan perangkat komputer.
- Tanya Jawab. Tanya jawab di sini adalah langkah paling awal yang harus dilakukan oleh seorang teknisi. Bukan berarti ini adalah langkah dalam ulangan umum di sekolah atau kuliah tetapi langkah tanya jawab antara anda sebagai teknisi dengan pemilik perangkat komputer yang rusak atau bermasalah. Lalu apa yang harus ditanyakan? yang paling penting adalah pertanyaan yang berhubungan dengan kerusakan komputer, misalnya, tanda awal kerusakan yang dialami oleh pemilik komputer seperti mengeluarkan bunyi tertentu, monitor tidak menampilkan gambar dan lain sebagainya. Langkah ini juga untuk membantu langkah berikutnya yaitu persiapan peralatan yang akan digunakan dalam perbaikan.
- Persiapan peralatan untuk perbaikan seperti menyiapkan obeng, tang, media penyimpan data dan program, cairan pembersih, lap pembersih dan peralatan lainnya sesuai dengan kebutuhan dan laporan yang didapat dalam sesi tanya jawab di atas.
2. Langkah Perbaikan
Langkah perbaikan merupakan langkah lanjutan dari langkah persiapan di
atas. Langkah awal yang harus dilakukan adalah menghidupkan komputer
untuk membuktikan sendiri kerusakan seperti yang dilaporkan. Hal ini
dilakukan untuk memastikan bahwa apa yang dilaporkan benar adanya.
Kadangkala customer tidak melapor sesuai dengan kerusakan, mungkin
karena customer adalah seorang pemakai saja sehingga tidak tahu
bagaimana melaporkan jenis kerusakan maupun tanda-tanda kerusakan.
Setelah membuktikan dan ternyata benar bahwa komputer rusak seperti yang
disampaikan pada awal tanya jawab, maka langkah berikutnya adalah
mengambil tindakan perbaikan komputer. Untuk memperbaiki komputer yang
rusak ringan silahkan baca artikel Cara Sederhana Perbaik Komputer Rusak.
3. Langkah Penutup
Langkah penutup adalah langkah terakhir dalam memperbaiki komputer atau
segala perangkat komputer. Langkah ini juga termasuk langkah penting
yang harus dilakukan seperti melakukan demo. Demo disini adalah mencoba
menjalankan komputer untuk membuktikan bahwa hasil perbaikan komputer
benar-benar sudah berhasil. Selain melakukan uji coba pertama kali
setelah perbaikan, langkah selanjutnya adalah menyimpan segala peralatan
perbaikan serta melakukan bersih-bersih. Dan satu langkah yang paling
baik yang harus dilakukan adalah menyampaikan persoalan yang ada dengan
memberikan penjelasan singkat tentang akibat kerusakan tersebut dan
bagaimana cara menghindari kerusakan seperti itu. Hal ini sangat
diingini oleh pemilik komputer jadi ini adalah langkah promosi yang baik
bagi seorang teknisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar