Minggu, 26 Mei 2013

Cara Install Matlab 7 Pada Windows 7

Saya sendiri belum begitu tahu manfaat dan fungsi dari Matlab itu sendiri, namun saya diminta tolong oleh salah seorang mahasiswa Teknik Informatika untuk menginstall Matlab di laptop miliknya. Meskipun saya belum pernah menginstall sebelumnya, bahkan belum pernah melihat sekalipun, saya berusaha untuk membantu menginstall Matlab di laptop mahasiswa ini.

Sebelum memulai install Matlab, saya cek folder Matlab yang ada di flash disk, karena memang program Matlab ini tersimpan di flash disk. Program Matlab terdiri dari 2 folder yaitu folder Disc1 dan Disc2. Sesuai dengan pengalaman, file installer pasti berada di dalam folder Disc1, dan ternyata betul, saya menjalankan file setup Matlab 7 dari dalam folder disc1.
Selama proses installasi berjalan sebagaimana biasanya, hingga permintaan untuk memasukkan disc2, saya pun memilih browse kemudian klik disc2 dan OK. Proses installasi kembali berlanjut hingga selesai tanpa masalah. Yang menjadi masalah adalah setelah semua proses installasi selesai, program Matlab 7 yang terinstall di Windows 7 ternyata tidak bisa berjalan dengan baik, muncul pesan "Runtime Error! Program C:\MATLAB7\bin\win32\MATLAB.exe", seperti dalam gambar di bawah ini.


Semua proses installasi tidak mengalami masalah, namun kenapa Matlab 7 yang sudah terinstall dengan baik tidak bisa berjalan pada Windows 7? pertanyaan itu harus saya jawab sendiri karena saya harus membantu mahasiswa ini agar Matlab bisa bejalan normal di Windows 7. Sejurus kemudian saya mencaritahu letak persoalan ini melalui si pencari tua google, jawaban yang saya temukan ternyata karena program Matlab ini tidak compatible dengan Windows 7. Meskipun tidak kompatibel dengan Windows 7, Matlab masih bisa dijalankan dengan normal, namun harus disetting agar kompatibel dengan Windows 7 dan berikut adalah caranya.
  1. Klik kanan pada icon Matlab 7
  2. Klik Properties
  3. Klik tab Compatibility
  4. Berikan tanda centang pada Run this program in compatibility mode for: dan pilih Windows Vista (Service Pack 2)
  5. Klik Ok
 Dalam proses installasi Matlab 7 di Windows 7 hingga langkah di atas, program Matlab 7 sudah bisa berjalan secara normal. Semoga cara install Matlab 7 pada Windows 7 ini bisa bermanfaat bagi pengunjung blog Belajar Ilmu Komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar