Pengertian Model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization)
TAI (Team Assisted Individualization) adalah salah satu jenis pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Frase Team Assisted Individualization
dapat diterjemahkan sebagai “Bantuan Individual Dalam Kelompok
(BIDaK)”. Model pembelajaran kooperatif TAI ini sering pula dimaknai
sebagai Team Accelerated Instruction.
Model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization)
merupakan pembelajaran kooperatif yang pada pelaksanaannya siswa dibagi
ke dalam kelompok-kelompok kecil yang heterogen. Salah satu poin
penting yang harus diperhatikan untuk membentuk kelompok yang heterogen
di sini adalah kemampuan akademik siswa. Masing-masing kelompok dapat
beranggotakan 4 – 5 orang siswa. Sesama anggota kelompok berbagi
tanggung jawab.
Model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction) merupakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered).
Pada model pembelajaran kooperatif ini, siswa biasanya belajar
menggunakan LKS (lembar kerja siswa) secara berkelompok. Mereka kemudian
berdiskusi untuk menemukan atau memahami konsep-konsep. Setiap anggota
kelompok dapat mengerjakan satu persoalan (soal) sebagai bentuk
tanggungjawab bersama. Penerapan model pembelajaran kooperatif Team
Assisted Individualization lebih menekankan pada penghargaan kelompok,
pertanggungjawaban individu dan memperoleh kesempatan yang sama untuk
berbagi hasil bagi setiap anggota kelompok.
Alasan Slavin Mengembangkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI
Robert Slavin mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI
ini di Johns Hopkins University bersama Nancy Madden dengan beberapa
alasan, yaitu : (1) Model ini mengkombinasikan keunggulan kooperatif dan
program pengajaran individual; (2) Model ini memberikan tekanan pada
efek sosial dari belajar kooperatif; (3) TAI disusun untuk memecahkan
masalah dalam program pengajaran, misalnya dalam hal kesulitan belajar
siswa secara individual.
Model pembelajaran kooperatif tipe TAI ini dikembangkan oleh Slavin
untuk mata pelajaran matematika, khususnya untuk materi
keterampilan-keterampilan berhitung (computation skills).
TAI adalah Kombinasi Pembelajaran kooperatif dengan Pembelajaran Individual
Model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction)
yang diprakarsai oleh Robert Slavin ini merupakan perpaduan antara
pembelajaran kooperatif dan pengajaran individual. Metode ini
memperhatikan perbedaan pengetahuan awal tiap siswa untuk mencapai
prestasi belajar. Pembelajaran individual dipandang perlu diaplikasikan
karena siswa memasuki kelas dengan pengetahuan, kemampuan, dan motivasi
yang berbeda-beda. Saat guru mempresentasikan materi pembelajaran,
tentunya ada sebagian siswa yang tidak memiliki pengetahuan prasyarat
untuk mempelajari materi tersebut. Ini tentu dapat menyebabkan
siswa-siswa yang tidak memiliki pengetahuan prasyarat itu akan gagal
mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan guru. Bagi siswa-siswa
lain, mungkin sudah menguasai materi pembelajaran itu, atau mungkin
karena bakat yang dimilikinya dapat mempelajari dengan sangat cepat
sehingga waktu yang digunakan oleh guru untuk mengajar menjadi mubazir.
Dengan perpaduan antara pembelajaran kooperatif dan invidual dapat diperoleh dua keuntungan sekaligus, yaitu :
Keuntungan dari pembelajaran kooperatif dalam TAI
Pembelajaran kooperatif merupakan upaya pemberdayaan teman sejawat,
meningkatkan interaksi antar siswa, serta hubungan yang saling
menguntungkan antar mereka. Siswa dalam kelompok akan belajar mendengar
ide atau gagasan orang lain, berdiskusi setuju atau tidak setuju,
menawarkan, atau menerima kritikan yang membangun, dan siswa tidak
merasa terbebani ketika ternyata pekerjaannya salah. Siswa bekerja dalam
kelompok saling membantu untuk menguasai bahan ajar
Keuntungan dari pembelajaran individual dalam TAI
Pembelajaran individual mendidik siswa untuk belajar secara
mandiri, tidak menerima pelajaran secara mentah dari guru. Melalui
pembelajaran individual ini, siswa akan dapat mengeksplorasi pengetahuan
dan pengalamannya sendiri untuk mempelajari materi pelajaran, sehingga
ia mengalami pembelajaran secara bermakna (meaningful learning) sesuai faham konstruktivisme.
Penyusunan Kelompok pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI
Kelompok heterogen digunakan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction) karena beberapa alasan, yaitu :
- Kelompok heterogen memberikan kesempatan untuk saling mengajar melalui tutor sebaya (peer tutoring) dan saling mendukung
- Kelompok heterogen meningkatkan hubungan dan interaksi antar siswa walaupun berbeda ras, agama, etnik, dan gender
- Kelompok heterogen memudahkan pengelolaan kelas karena pada setiap kelompok terdapat siswa yang memiliki kemampuan akademis bagus, dengan demikian secara tidak langsung guru mendapatkan asisten-asistem mengajar untuk siswa-siswa lain yang berada di dalam kelompok yang sama. Kunci model pembelajaran kooperatif yang menggunakan tipe Team Assisted Individualization adalah penerapan bimbingan antar teman.
Keuntungan/Kelebihan Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization
Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization
memberi keuntungan baik pada guru, siswa kelompok atas maupun kelompok
bawah yang bekerja bersama menyelesaikan tugas-tugas akademik, yaitu:
- Siswa yang pandai ikut bertanggung jawab membantu yang lemah dalam kelompoknya. Dengan demikian siswa yang pandai dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilannya.
- Siswa yang lemah akan terbantu dalam memahami materi pelajaran.
- Tidak ada persaingan antar siswa karena siswa saling bekerjasama untuk menyelesaikan masalah dalam mengatasi cara berpikir yang berbeda
- Siswa tidak hanya mengharap bantuan dari guru, tetapi siswa juga termotivasi untuk belajar cepat dan akurat pada seluruh materi
- Guru setidaknya hanya menggunakan setengah dari waktu mengajarnya sehingga akan lebih mudah dalam pemberian bantuan secara individu.
Langkah-Langkah (Tahapan) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI
Model pembelajaran tipe TAI ini memiliki 8 tahapan dalam pelaksanaannya, yaitu : (1) Placement Test; (2) Teams; (3) Teaching Group; (4) Student Creative; (5) Team Study; (6) Fact Test;(7) Team Score dan Team Recognition; dan (8) Whole-Class Unit. Berikut penjelasannya satu per satu:
Placement Test
Pada langkah ini guru memberikan tes awal (pre-test) kepada
siswa. Cara ini bisa digantikan dengan mencermati rata-rata nilai harian
atau nilai pada bab sebelumnya yang diperoleh siswa sehingga guru dapat
mengetahui kelemahan siswa pada bidang tertentu.
Teams
merupakan langkah yang cukup penting dalam penerapan model
pembelajaran kooperatif TAI. Pada tahap ini guru membentuk
kelompok-kelompok yang bersifat heterogen yang terdiri dari 4 – 5 siswa.
Teaching Group
Guru memberikan materi secara singkat menjelang pemberian tugas kelompok.
Teaching Group
Guru memberikan materi secara singkat menjelang pemberian tugas kelompok.
Student Creative
Pada langkah ketiga, guru perlu menekankan dan menciptakan persepsi
bahwa keberhasilan setiap siswa (individu) ditentukan oleh keberhasilan
kelompoknya.
Team Study
Pada tahapan team study siswa belajar bersama dengan mengerjakan
tugas-tugas dari LKS yang diberikan dalam kelompoknya. Pada tahapan ini
guru juga memberikan bantuan secara individual kepada siswa yang
membutuhkan, dengan dibantu siswa-siswa yang memiliki kemampuan akademis
bagus di dalam kelompok tersebut yang berperan sebagai peer tutoring
(tutor sebaya).
Fact test
Guru memberikan tes-tes kecil berdasarkan fakta yang diperoleh siswa, misalnya dengan memberikan kuis, dsb..
Team Score dan Team Recognition
Selanjutnya guru memberikan skor pada hasil kerja kelompok dan
memberikan “gelar” penghargaan terhadap kelompok yang berhasil secara
cemerlang dan kelompok yang dipandang kurang berhasil dalam
menyelesaikan tugas. Misalnya dengan menyebut mereka sebagai “kelompok
OK”, kelompok LUAR BIASA”, dan sebagainya.
Whole-Class Units
Langkah terakhir, guru menyajikan kembali materi oleh guru kembali
diakhir bab dengan strategi pemecahan masalah untuk seluruh siswa di
kelasnya.
Referensi
- Dimyati dan Mudjiono (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Ibrahim, Muslimin dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
- Lie, Anita. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo
- Nasution, S. (2003). Berbagasi Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara.
- Nur, Mohamad dan Prima Retno Wikandari (2000). Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
- Slavin, Robert (1995). Cooperative Learning. Massachusets: Allyn and Bacon.
- Suyitno, Amin. (2004). Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: FMIPA UNNES.
- Widdiharto, Rachmadi. (2006). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar